Sabtu, 12 Februari 2011

Bersyukurlah...


Dan ketika Tuhan bersabda didalam surat Ibrahim ayat 7 (Q.S.14:7)


Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

Mensyukuri nikmat juga menunjukkan tanda kedekatan dan kecintaan seseorang kepada Allah. Orang-orang yang bersyukur memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melihat keindahan dan kenikmatan yang dikaruniakan Allah. 

Rasulullah saw. juga menyebutkan masalah ini,  "Jika Allah memberikan harta kepadamu, maka akan tampak kegembiraan pada dirimu dengan nikmat dan karunia Allah itu."

Didalam mensyukuri nikmat Allah swt, 
marilah dimulai dari hal terkecil, paling mudah dan bahkan kerap tidak dianggap karena saking sepelenya, akan tetapii memiliki dampak yang luar biasa besarnya terhadap tingkat kecerdasan spiritual seseorang didalam memahami hakikat.
Satu contoh dari hal terkecil yang patut disyukuri dan berhubungan dengan keberadaan kita adalah nafas. 
Secara hakikat, nafas kita ini adalah salah satu wujud pemberian nikmat dari Allah swt kepada setiap manusia, baik kepada yang taat maupun kepada manusia yang mengingkari NYA.

Mengapa nafas? Karena sesungguhnya, yang memantaskan bahwa kita layak disebut sebagai  manusia itu adalah ketika kita masih bisa bernafas, ketika kita masih bisa menghirup udara segar. 
Jadi rasa syukur itu adalah wujud dari ungkapan rasa terima kasih dari hati yang terdalam kepada ALLAH SWT yang telah memberi kita hidup.

Mengapa harus mensyukuri dari hal-hal yang terkecil?
Bagaimana Allah swt akan memberikan nikmat harta yang melimpah jika manusia belum pandai mensyukuri pemberian nikmat NYA yang kecil, yang sederhana bahkan sering dilupakan.

Bagaimana jika belum pandai mensyukuri hal yang kecil, 
andaikata sekarang diberi limpahan harta yang banyak, apa yang akan terjadi? Apakah iya masih ingat untuk bersyukur kepada Nya? apa gak malah sibuk memikirkan belanja ini apa ini itu? atau hanya akan sibuk memikirkan dirinya sendiri sehingga jadi malah bingung dengan hartanya. Karena seakan semua hendak dibeli, maka hidupnya jarang dirumah, hidupnya dari mall ke mall, dari toko ke toko. malah bakal shopping terus. iyaa kan?

Untuk itu.. bersyukurlah... !!!
atas semua anugerah yang telah Allah swt limpahkan dalam setiap hembusan nafas sambil ucapkan bacaan tasbih dalam hati subhanallah !!!


Tetap sehat, bersemangat dan selalu taat.
Terima kasih.


(foto: dari google images)

1 komentar:

Mas Bb mengatakan...

Ada kata-kata bijak dalam bahasa jawa dari eyang begini:
"Yen mlaku ojo ndangak nyawang nduwur wae, sawangen sing ana ing ngisormu".
artinya, jika berjalan janganlah melihat keatas terus, lihatlah yang ada di bawahmu.
Maksudnya adalah kita diminta untuk mensyukuri apa yang kita miliki. Jika melihat strata diatas kita,pastilah akan merasa kekurangan terus. Tapi jika melihat strata dibawah kita, pastilah merasa berkecukupan.
Untuk itu maka bersyukurlah.